REFRESHING KADER P4K DALAM PENURUNAN AKI DAN AKB PUSKESMAS GEMAHARJO

REFRESHING KADER P4K DALAM PENURUNAN AKI DAN AKB PUSKESMAS GEMAHARJO

Guna meningkatkan kemampuan dan pemahaman para kader tentang kesehatan ibu dan anak, Puskesmas Gemaharjo menggelar kegiatan refreshing kader P4K Senin (09/03/2020). Kegiatan ini diikuti oleh kader P4K dan TP PKK di 4 desa di wilayah kerja Puskesmas Gemaharjo.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puskesmas Gemaharjo dan dilanjutkan penyuluhan kesehatan. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung adanya kegiatan pertemuan kader secara rutin karena kegiatan tersebut bertujuan untuk penyegaran pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan kader.

Refreshing kader ini juga diisi dengan penyuluhan kesehatan tentang P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) dan Soskespro (Sosialisasi Kesehatan Reproduksi). Penyuluhan disampaikan oleh ibu Siti Kholifah dan Ibu Ririn Widiawati. Penyuluhan yang disampikan oleh ibu Siti Kholifah meliputi siapa saja sasaran P4K, Tujuan P4K, Peran kader/bidan/masyarakat dalam penurunan P4K, gambaran situasi kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Gemaharjo serta Pentingnya Stiker P4K.

Sedangkan penyuluhan yang disampikan oleh ibu Ririn mengenai kebijakan program kespro-KB (ruang lingkup intervensi kesehatan usia reproduksi, kesehatan masa sebelum hamil, prencanaan kehamilan/KB, serta perlindungan kesehatan reproduksi)

Harapannya dari kegiatan ini yaitu kader mampu serta percaya diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta kader kesehatan mampu menggerakkan masyarakat dalam upaya kesehatan promotif dan preventif.

About the author

adminpuskesmas administrator

Leave a Reply