PERTEMUAN REFRESHING KADER STBM (SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT) PUSKESMAS GEMAHARJO 2020

PERTEMUAN REFRESHING KADER STBM (SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT) PUSKESMAS GEMAHARJO 2020

Puskesmas Gemaharjo dalam hal ini program kesehatan lingkungan menggelar pertemuan refreshing kader STBM tingkat desa. Pertemuan diikuti oleh seluruh kader STBM yang ada di seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Gemaharjo. Pertemuan diselenggarakan di balai desa di 4 desa di wilayah kerja Puskesmas Gemaharjo yaitu tanggal 14 september  2020 di Desa Ploso bertempat di Balai Desa Ploso dan pertemuan di buka oleh Kepala Desa Ploso. Tanggal 15 september 2020 di Balai Desa Gemaharjo dengan pembukaan dari Kepala Desa Gemaharjo. Tanggal 16 september 2020 di Balai Desa Tahunan Baru dibuka oleh Sekretaris Desa, dan terakhir tanggal 17 september di Balai Desa Tahunan dibuka oleh Sekretaris Desa Tahunan.

Pertemuan refreshing kader STBM dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dimana sebelum masuk ruangan peserta pertemuan wajib diperiksa suhu badan mencuci tangan pakai sabun,menjaga jarak dan pakai masker. Serta adanya pembatasan peserta pertemuan maksimal 25 orang dengan petugas dan jarak kursi peserta pertemuan minimal 1 meter.

Materi pertemuan disampaikan oleh ibu Diah Fitrhi Hapsari, Amd.Kl selaku petugas kesehatan lingkungan puskesmas gemaharjo. Ibu Diah menyampaikan kembali materi tentang stbm 5 pilar yaitu:

PILAR 1 STOP BAB SEMBARANGAN

PILAR 2 CUCI TANGAN PAKAI SABUN DAN AIR MENGALIR

PILAR 3 PENGOLAHAN AIR INUM DAN MAKANA RUMAH TANGGA

PILAR 4 PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

PILAR 5 PENGELOLAAN LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA

Materi disampaikan untuk merefresh kembali pemahaman kader tentang STBM 5 PILAR, karena kader adalah ujung tombak kesehatan dalam hal ini pelaksana verifikasi dan implementasi stbm 5 pilar di desa. Pilar 1 sudah kita deklarasikan pada tahun 2014, pilar 2,3 dan 4 secara umum sudah dilaksanakan hanya pilar ke 5 yang paling banyak belum terlaksana karena terkendala bangunan spal yang belum memenuhi syarat kesehatan.

Tetapi di Desa Tahunan terutama di Dusun Pahit ada inovasi yang muncul terkaiat dengan pilar ke 5 yaitu arisan spal,semoga inovasi ini bisa menular ke dusun lainnya dan bahkan desa lainnya di wilayah kerja puskesmas gemaharjo.

Diharapkan dari pertemuan refreshing kader STBM ini, kader semakin memahami langkah langkah menuju deklarsi desa STBM dengan 5 pilar. Kader semakin bersemangat dalam pemberdayaan dan monitoring pelaksanaan STBM 5 pilar di masing masing desa wilayah kerja puskesmas gemaharjo

About the author

adminpuskesmas administrator

Leave a Reply