Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Gemaharjo (UKP)

Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis dalam pembangunan kesehatan mempunyai salah satu fungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan tidak hanya mencakup pelayanan kesehatan umum,tetapi juga mencakup pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Dengan adanya pelayanan gigi dan mulut diharapkan masyarakat memiliki perilaku sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan setinggi-tingginya, khususnya derajat kesehatan gigi dan mulut.

Penyakit gigi dan mulut merupakan sepuluh kelompok penyakit terbanyak yang di keluhkan masyarakat dan menduduki urutan pertama. Penyakit gigi dan mulut dapat menjadi factor resiko penyakit lain, sebagai fokal infeksi misalnya tonsillitis, faringitis, otitis media, bakteremia, toksemia, BBLR, diabetes melitus, dan penyakit jantung. Disamping itu penyakit HIV atau AIDS, penyakit-penyakit sistemik lain juga dapat bermanifestasi di dalam mulut.

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam gedung adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan di dalam gedung puskesmas. Puskesmas Gemaharjo, telah lama membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.Di Puskesmas Gemaharjo untuk pelayanan kesehatan gigi dan mulut dilaksanakan oleh 1 tenaga Dokter Gigi yang bertugas secara profesional memberikan upaya pelayanan kesehatan gigi dengan penuh tanggung jawab sesuai kompetensi dan kewenangannya serta  didukung sarana prasarana berupa ruangan yang telah memenuhi standart serta peralatan- peralatan kedokteran gigi dan mulut yang berstandart dan selalu terjamin sterilitasnya diantaranya dental unit, ultrasonic scaler unit, high & lowspeed handpiece, light curing unit, dll.

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di dalam Gedung Puskesmas Gemaharjo dilaksanakan di Ruangan Kesehatan Gigi dan Mulut  Rawat Jalan serta pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pasien di Rawat Inap, yaitu dengan jadwal:

  1. Senin s/d Kamis             : Pkl. 08.00-13.00
  2. Jumat                               : Pkl. 08.00-11.00
  3. Sabtu                               : Pkl. 08.00-10.30

Adapun jenis pelayanan yang diberikan, yaitu:

  1. Pelayanan Konsultasi kesehatan gigi dan mulut
  2.  Pelayanan kedaruratan  kesehatan gigi dan mulut
  3.  Pelayanan Tindakan medik dasar kesehatan gigi dan mulut, meliputi:
  • Pembersihan karang gigi
  • Perawatan penyakit/kelainan jaringan rongga mulut
  • Restorasi tumpatan, diantaranya tumpatan sementara, tumpatan GIC dan Tumpatan gigi dengan sinar/komposit
  • Pencabutan gigi anak
  • Pencabutan gigi  dewasa tanpa komplikasi

4. Pelayanan rujukan internal dan eksternal kesehatan gigi dan mulut

Dalam masa pandemic Covid 19 untuk mengupayakan keselamatan pasien dari potensi tertular COVID-19 selama masa pandemic di Puskesmas Gemaharjo, maka Ruangan Kesgilut melakukan pencegahan penularan dengan upaya:

  • Physical Distancing, dengan memberikan jarak 1m pada kursi penunggu pasien
  • Kebersihan tangan, Ruangan Kesgilut menyediakan sarana hand sanitizer didepan pintu masuk dan pasien ataupun keluarga wajib handsrub sebelum masuk
  • Petugas memberikan edukasi mengenai etika batuk dan bersin
  • Baik pasien atau pengantar wajib memakai masker dan petugas memberikan edukasi pemakaian masker yang benar
  • Pembatasan pasien dan pengantar yang memasuki Ruangan Kesgilut
  • Pembatasan jenis pelayanan dengan mengutamakan pasien dengan keluhan maupun kedaruratan gigi dan mulut
  • Penundaan jenis pelayanan yang bersifat estetis dan tindakan dengan menggunakan bur/scaler/suction sampai dengan terpenuhinya prasyarat kesiapan ruangan, alat dan penunjang pelayanan kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19 dan apabila diperlukan perawatan tersebut dilakukan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan.
  • Penundaan pelayanan  tertentu pada pasien dengan gejala ISPA (batuk, pilek, panas dengan suhu > 38°C)
  • Membuka layanan konsultasi jarak jauh dengan dokter gigi via WA (teledentistry) dengan menghubungi WA 08121758071 (Senin-Jumat Pkl 08.00-12.00)

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut Puskesmas Gemaharjo senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut yang professional dan berstandar serta berusaha meningkatkan derajat Kesehatan  masyarakat  dengan menurunkan angka kesakitan gigi dan mulut masyarakat di wilayah Puskesmas Gemaharjo.