Klinik Sanitasi

Klinik sanitasi adalah suatu upaya atau kegiatan yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan pemukiman yang dilaksanakan oleh petugas puskesmas bersama masyarakat yang dapat dilaksanakan secara pasif dan aktif di dalam dan luar gedung.

Masalah kesehatan berbasis lingkungan disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak memadai, baik kualitas maupun kuantitasnya, serta perilaku hidup sehat masyarakat yang masih rendah, mengakibatkan penyakit – penyakit seperti diare, ISPA, TB paru, malaria merupakan penyakit yang masih banyak penderitannya di puskesmas dan merupkan pola penyakit utama di Indonesia.

Klinik sanitasi merupakan wahana masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan melalui upaya terintegrasi kesehatan lingkungan dan pemberantasan penyakit , sampai saat ini penyakit berbasis lingkungan masih merupakan masalah kesehatan masyarakat, maka untuk mengatasinya perlu sekali dilaksanakan kegiatan klinik sanitasi.

KEGIATAN POKOK

Pelayanan Klinik Sanitasi di Puskesmas Gemaharjo dilayani oleh 2 orang petugas sanitarian yaitu Diah Fithri Hapsari Amd KL dan Nurma Siwi Prihanani Amd KL.

RINCIAN KEGIATAN

1. Konseling dalam gedung

2. Inspeksi sanitasi Lingkungan luar gedung

CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN

1. Melakukan bimbingan konseling di dalam gedung tentang penyakit yang diderita pasien dalam hubungannya dengan lingkungan

2. Pasien yang memiliki diagnosa penyakit berbasis lingkungan dari ruang pelayanan baik BP,Gigi,KIA MTBS maupun UGD dan Rawat Inap dirujuk ke Klinik Sanitasi

3. Klien yang ingin konsultasi masalah Kesehatan Lingkungan bisa membuat janji dengan petugas sanitarian puskesmas dengan cara menghubungi nomer Hp petugas yaitu Bu Diah 081259731668 atau Bu Nurma 082230272186

4. Melakukan kegiatan di luar gedung, yaitu kunjungan rumah / lokasi merupakan tindak lanjut kesepakatan antara petugas dengan pasien / klien yang datang ke puskesmas.