Program Kesehatan Gigi Dan Mulut Masyarakat (UKGM) /Sekolah (UKGS)

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan secara menyeluruh karena pemeliharan gigi dan mulut yang baik dan benar mendukung terwujudnya kesehatan umum secara individual yang tentunya mendukung terciptanya kesehatan masyarakat yang optimal.

Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis dalam pembangunan kesehatan mempunyai salah satu fungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan tidak hanya mencakup pelayanan kesehatan umum,tetapi juga mencakup pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut tidak hanya dilaksanakan di dalam Gedung puskesmas tetapi juga di luar Gedung.Dengan adanya pelayanan gigi dan mulut di luar Gedung ini diharapkan masyarakat memiliki perilaku sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan setinggi-tingginya, khususnya derajat kesehatan gigi dan mulut.

Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan gigi dan mulut, merupakan salah satu cara untuk mendukung pelaksanaan pembangunan kesehatan, Kegiatan yang dilakukan lebih diarahkan pada pelayanan promotif, preventiv dan rujukan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan pada upaya kesehatan berbasis masyarakat diantanya posyandu dengan sasaran kelompok resiko tinggi meliputi anak usia balita, anak usia pendidikan dasar, ibu hamil dan menyusui, kelompok usia lanjut.

Kegiatan kegiatan yang dilaksanakan dalam program UKGM Puskesmas Gemaharjo, meliputi:

  1. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di posyandu Balita
  2. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil
  3. Penyuluhan, penjaringan Kesehatan Gigi dan Mulut  APRAS di TK/PAUD dan sikat gigi Bersama
  4. Penyuluhan Kesehatan gigi dan mulut usia produktif di Posbindu PTM
  5. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Posyandu lansia
  6. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Kelas Calon Pengantin (Calon Bumil)
  7. Pembinaan kader kesehatan gigi masyarakat
  8. Rujukan gigi dan mulut ke Puskesmas

Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah selain dilaksanakan melalui kegiatan pokok kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas juga diselenggarakan secara terpadu dengan kegiatan pokok UKS dalam bentuk program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Puskesmas Gemaharjo memiliki 23 sekolah binaan UKGS dari tingkat SD sampai dengan SLTA. Kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan oleh program UKGS Puskesmas Gemaharjo diantaranya:

  1. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dan sikat gigi Bersama di SD/MI
  2. Penjaringan kesehatan gigi dan mulut anak sekolah mulai dr tingkat SD sampai SLTA
  3. Pembinaan kader kesehatan gigi sekolah
  4. Celengan Gigi Sehatku di SDN 4 Gemaharjo
  5. Rujukan gigi dan mulut dari sekolah ke Puskesmas

Program kesehatan gigi dan mulut Masyarakat dan Sekolah Puskesmas Gemaharjo turut serta meningkatkan  derajat Kesehatan  masyarakat dan anak usia sekolah khususnya gigi dan mulutnya di wilayah Puskesmas Gemaharjo dengan program program pemberdayaan masyarakat serta inovasi yang mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.