KEGIATAN PROLANIS DI PUSKESMAS GEMAHARJO TAHUN 2021

KEGIATAN PROLANIS DI PUSKESMAS GEMAHARJO TAHUN 2021

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis) serta beberapa macam penyakit tidak menular tersebut memiliki angka kematian yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu salah satu upaya Puskesmas Gemaharjo untuk meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit kronis agar lebih optimal yaitu dengan mengadakan kegiatan Prolanis.

PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Puskesmas Gemaharjo mengadakan kegiatan Prolanis 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada Bulan Mei dan November 2021. Karena masih adanya pembatasan kegiatan, Pemeriksaan kesehatan untuk prolanis hanya diikuti oleh 30 peserta dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 yaitu peserta wajib menggunakan masker, menjaga jarak, serta adanya pembagian waktu hadir pemeriksaan peserta prolanis.

Kegiatan Prolanis di Puskesmas Gemaharjo meliputi :

Cek tekanan darah, Ukur tinggi badan, Pemeriksaan atau Konsultasi dengan doker, Penyuluhan Kesehatan, serta Cek Laboratorium. Puskesmas Gemaharjo bekerja sama dengan Laboratorium Prodia Pacitan utuk melakukan pemeriksaan laboratorium peserta prolanis.

Melalui kegiatan ini diharapkan petugas kesehatan dapat memantau status kesehatan peserta prolanis dan bila ditemukan masalah kesehatan dapat segera diatasi.

About the author

adminpuskesmas administrator

Leave a Reply