Fisioterapi

Pelayanan fisioterapi di Puskesmas Gemaharjo memberikan pelayanan kesehatan gerak dan fungsi tubuh kepada individu dan/atau kelompok, yang bersifat umum dengan pengutamaan pelayanan pengembangan dan pemeliharaan melalui pendekatan promotif dan preventif tanpa mengesampingkan pemulihan dengan pendekatan kuratif dan rehabilitatif. 

Kegiatan promotif dan preventif termasuk skrining, memberikan pengurangan nyeri, dan program untuk meningkatkan fleksibilitas, daya tahan, dan keselarasan postur dalam aktifitas sehari-hari.

Selain upaya promotif dan preventif, fisioterapis juga memberikan layanan pemeriksaan, dan membantu individu dalam memulihkan kesehatan, mengurangi rasa sakit (kuratif dan rehabilitatif).

Fisioterapis memainkan peran dalam masa akut, kronis, pencegahan, intervensi dini untuk muskuloskeletal yang berhubungan dengan pekerjaan cedera, mendesain ulang pekerjaan individu, serta rehabilitasi, dan diperlukan untuk memastikan layanan/intervensi diberikan secara komprehensif dan tepat berfokus pada individu, masyarakat dan lingkungan.

Fisioterapi bekerja dengan individu dalam berbagai kondisi dan gejala, sebagai contoh stroke, cedera tulang, arthritis, nyeri leher maupun punggung, termasuk cedera olahraga.

Puskesmas Gemaharjo melaksanakan pelayanan fisioterapi setiap hari senin s/d jumat sesuai dengan jam pelayanan.