Besanku Ayu Jan

BESANKU AYU JAN (Berkat Arisan Aku Punya Jamban)

Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya.

Jamban merupakan sanitasi dasar penting yang harus dimiliki setiap masyarakat.Sebenarnyamasyarakat sadar dan mengerti arti pentingnya mempunyai jamban sendiri di rumah. Alasan utama yangselalu diungkapkan masyarakat mengapa sampai saat ini belum memiliki jamban keluarga adalah tidak atau belummempunyai uang.Jamban sehat tidak perlu mewah akan tetapi cukup yang sederhana saja disesuaikan dengan kemampuan ekonomi rumah tangga. Ada faktor lain yang menyebabkan masyarakat belum membuat atau membangun jamban yaitu ketergantungan pada bantuan pemerintah dalam hal membangun jamban. Hal ini merupakan bagian dari kesalahan masa lalu dalam penerapan kebijakan yang justru cenderung memanjakan masyarakan dimana bantuan pemerintah cenderung berorientasi kepada konstruksi atau bangunan fisik jamban saja,tanpa ada upaya pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pada tahun 2010, masih banyak ditemukan masyarakat Desa Tahunan Baru yang belum punya jamban. Kebanyakan mereka masih sharing dan ada juga yang masih OD. Melihat faktor kenyataan tersebut, Tim Desa Siaga Desa Tahunan terpanggil untuk mengadakan kegiatan pemicuan STBM serta Arisan Jamban dalam rangka meningkatkan kepemilikan jamban serta mengedukasi masyarakat pentingnya BAB di jamban sehat.Arisan jamban bukanlah suatu istilah tabu yang sering dibicarakan. Akan  tetapi arisan jamban telah menjadi solusi bagi masalah kesehatan di desa Tahunan yang berkaitan dengan jamban sehat.